Baca Dan Renungkan

Suatu malam, sepulang kerja, saya mampir di sebuah restoran cepat saji di kawasan Bintaro. Suasana sepi. Di luar hujan. Semua pelayan sudahberkemas. Restoran hendak tutup. Tetapi mungkin melihat wajah saya yang memelas karena lapar, salah seorang dari mereka memberi aba-aba untuktetap melayani. Padahal, jika mau, bisa saja mereka menolak.

Sembari makan saya mulai mengamati kegiatan para pelayan restoran. Ada yang menghitung uang, mengemas peralatan masak, mengepel lantai dan ada pula yang membersihkan dan merapikan meja-meja yang berantakan.

Saya membayangkan rutinitas kehidupan mereka seperti itu dari hari ke hari. Selama ini hal tersebut luput dari perhatian saya. Jujur saja, jika menemani anak-anak makan di restoran cepat saji seperti ini, saya tidak terlalu hirau akan keberadaan mereka. Seakan mereka antara ada dan tiada. Mereka ada jika saya membutuhkan bantuan dan mereka serasa tiada jika saya terlalu asyik menyantap makanan.


Namun malam itu saya bisa melihat sesuatu yang selama ini seakan tak terlihat. Saya melihat bagaimana pelayan restoran itu membersihkan sisa-sisa makanan di atas meja. Pemandangan yang sebenarnya biasa-biasa saja. Tetapi, mungkin karena malam itu mata hati saya yang melihat, pemandangan tersebut menjadi istimewa.

Melihat tumpukan sisa makan di atas salah satu meja yang sedang dibersihkan, saya bertanya-tanya dalam hati: siapa sebenarnya yang baru saja bersantap di meja itu? Kalau dilihat dari sisa-sisa makanan yang berserakan, tampaknya rombongan yang cukup besar. Tetapi yang menarik perhatian saya adalah bagaimana rombongan itu meninggalkan sampah bekas makanan.

Sungguh pemandangan yang menjijikan. Tulang-tulang ayam berserakan di atas meja. Padahal ada kotak-kotak karton yang bisa dijadikan tempat sampah. Nasi di sana-sini. Belum lagi di bawah kolong meja juga kotor oleh tumpahan remah-remah. Mungkin rombongan itu membawa anak-anak.

Meja tersebut bagaikan ladang pembantaian. Tulang belulang berserakan. Saya tidak habis pikir bagaimana mereka begitu tega meninggalkan sampah berserakan seperti itu. Tak terpikir oleh mereka betapa sisa-sisa makanan yang menjijikan itu harus dibersihkan oleh seseorang, walau dia seorang pelayan sekalipun.

Sejak malam itu saya mengambil keputusan untuk membuang sendiri sisamakanan jika bersantap di restoran semacam itu. Saya juga meminta anak-anak melakukan hal yang sama. Awalnya tidak mudah. Sebelum ini saya juga pernah melakukannya. Tetapi perbuatan saya itu justru menjadi bahan tertawaan teman-teman. Saya dibilang sok kebarat-baratan. Sok menunjukkan pernah ke luar negeri. Sebab di banyak negara, terutama di Eropa dan Amerika, sudah jamak pelanggan membuang sendiri sisa makanan ke tong sampah. Pelayan terbatas karena tenaga kerja mahal.

Sebenarnya tidak terlalu sulit membersihkan sisa-sisa makanan kita. Tinggal meringkas lalu membuangnya di tempat sampah. Cuma butuh beberapa menit. Sebuah perbuatan kecil. Tetapi jika semua orang melakukannya, artinya akan besar sekali bagi para pelayan restoran.

Saya pernah membaca sebuah buku tentang perbuatan kecil yang punya arti besar. Termasuk kisah seorang bapak yang mengajak anaknya untuk membersihkan sampah di sebuah tanah kosong di kompleks rumah mereka. Karena setiap hari warga kompleks melihat sang bapak dan anaknya membersihkan sampah di situ, lama-lama mereka malu hati untuk membuang sampah di situ.

Belakangan seluruh warga bahkan tergerak untuk mengikuti jejak sang bapak itu dan ujung-ujungnya lingkungan perumahan menjadi bersih dan sehat. Padahal tidak ada satu kata pun dari bapak tersebut. Tidak ada slogan, umbul-umbul, apalagi spanduk atau baliho. Dia hanya memberikan keteladanan. Keteladanan kecil yang berdampak besar.

Saya juga pernah membaca cerita tentang kekuatan senyum. Jika saja setiap orang memberi senyum kepada paling sedikit satu orang yang dijumpainya hari itu, maka dampaknya akan luar biasa. Orang yang mendapat senyum akan merasa bahagia. Dia lalu akan tersenyum pada orang lain yang dijumpainya. Begitu seterusnya, sehingga senyum tadi meluas kepada banyak orang. Padahal asal mulanya hanya dari satu orang yang tersenyum.

Terilhami oleh sebuah cerita di sebuah buku "Chiken Soup", saya kerap membayar karcis tol bagi mobil di belakang saya. Tidak perduli siapa di belakang. Sebab dari cerita di buku itu, orang di belakang saya pasti akan merasa mendapat kejutan. Kejutan yang menyenangkan. Jika hari itu dia bahagia, maka harinya yang indah akan membuat dia menyebarkan virus kebahagiaan tersebut kepada orang-orang yang dia temui hari itu. Saya berharap virus itu dapat menyebar ke banyak orang.

Bayangkan jika Anda memberi pujian yang tulus bagi minimal satu orang setiap hari. Pujian itu akan memberi efek berantai ketika orang yang Anda puji merasa bahagia dan menularkan virus kebahagiaan tersebut kepada orang-orang di sekitarnya.

Anak saya yang di SD selalu mengingatkan jika saya lupa mengucapkan kata "terima kasih" saat petugas jalan tol memberikan karcis dan uang kembalian. Menurut dia, kata "terima kasih" merupakan "magic words" yang akan membuat orang lain senang. Begitu juga kata "tolong" ketika kita meminta bantuan orang lain, misalnya pembantu rumah tangga kita.

Dulu saya sering marah jika ada angkutan umum, misalnya bus, mikrolet, bajaj, atau angkot seenaknya menyerobot mobil saya. Sampai suatu hari istri saya mengingatkan bahwa saya harus berempati pada mereka. Para supir kendaraan umum itu harus berjuang untuk mengejar setoran. "Sementara kamu kan tidak mengejar setoran?'' Nasihat itu diperoleh istri saya dari sebuah tulisan almarhum Romo Mangunwijaya. Sejak saat itu, jika ada kendaraan umum yang menyerobot seenak udelnya, saya segera teringat
nasihat istri tersebut.

Saya membayangkan, alangkah indahnya hidup kita jika kita dapat membuat orang lain bahagia. Alangkah menyenangkannya jika kita bisa berempati pada perasaan orang lain. Betapa bahagianya jika kita menyadari dengan membuang sisa makanan kita di restoran cepat saji, kita sudah meringankan pekerjaan pelayan restoran.

Begitu juga dengan tidak membuang karcis tol begitu saja setelah membayar, kita sudah meringankan beban petugas kebersihan. Dengan tidak membuang permen karet sembarangan, kita sudah menghindari orang dari perasaan kesal karena sepatu atau celananya lengket kena permen karet.

Kita sering mengaku bangsa yang berbudaya tinggi tetapi berapa banyak di antara kita yang ketika berada di tempat-tempat publik, ketika membuka pintu, menahannya sebentar dan menoleh kebelakang untuk berjaga-jaga apakah ada orang lain di belakang kita? Saya pribadi sering melihat orang yang membuka pintu lalu melepaskannya begitu saja tanpa perduli orang di
belakangnya terbentur oleh pintu tersebut.

Jika kita mau, banyak hal kecil bisa kita lakukan. Hal yang tidak memberatkan kita tetapi besar artinya bagi orang lain. Mulailah dari hal-hal kecil-kecil. Mulailah dari diri Anda lebih dulu. Mulailah sekarang juga.

EMPATI
By: Andy F Noya

Artikel Terkait:

274 komentar:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 274   Lebih baru›   Terbaru»
dhimas mengatakan...

hore yang pertama nich ane, critanya seru bos healthlovemoneyand family

Winahyu mengatakan...

bener-bener suatu renungan yang menyejukkan hati...

Databip mengatakan...

sungguh artikel yang memberikan inspirasi. Trims :)

wiQy mengatakan...

keren banget:o

ema-pembalut mengatakan...

salam kenal....
kunjung kami ada produk baru dan kerja sama menguntungkan....

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

Terimakasih artikelnya sangat membantu bagi semua pembaca, semoga bermanfaat
Salam Action

Informasi yang menarik adalah informasi yang membuat pembacanya mendapatkan manfaat darinya.
Semoga informasi anda menjadi salah satunya.


Stop Dreaming Start Action
Bisnis Internet Marketing

edylaw mengatakan...

kayaknya kalau makan di restoran atau kedai nasi terus kita yang bersihkan emang rada aneh ya hehehe

Saung Web mengatakan...

Yah itulah kehidupan sob.. tiap hari kita makan nasi.. kadang kita lupa siapa yg nanam padi.. sooo semua profesiakan saling terkait.. dengan kehidupan kita..

king mengatakan...

tq dah diingatkan.......

sephtian mengatakan...

oke deh akan saya renungkan... hehehe

ema-pembalut mengatakan...

wah inspiratif banget...

"kunjungan balik...saatnya ibu lebih mandiri.....
saya punya dagangan bagus cari mitra masarkan
pembalut sehat dan menghasilkan"

ema-pembalut mengatakan...

inspiratif sekali...

khairuddin syach mengatakan...

mari membiasakan membuang sampah pd tempatnya

Free Music Download Mp3 Musik Indonesia Terbaru Lirik Lagu Indonesia Cord Gitar mengatakan...

thnks for tips
semoga artikelny terus dapat membuat wawasan orang yang membaca lebih banyak khususnya saya sendiri makasih sebelumnya

Dani Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

Dear,
Thank for the information. Keep blogging.
Please exchange link with me at
Stop Dreaming Start Action
Or
Mengembalikan Jati Diri Bangsa

pernikahan mengatakan...

wah bener juga, hal-hal kecil menurut kita bisa menjadi hal beasr bagi orang lain.

Kuliah Gratis mengatakan...

Salam kenal dulu

All About Life mengatakan...

thnks infonya sob sukses selalu yah...
terus berjuang sob MERDEKA

klik saya dong kawan... mengatakan...

Mas admin keren blognya... bagi temen2 dan mas admin sendiri silahkan yah mampir keblog saya...

kalo mau tukeran link saya coment saya ajah yah... makasiih semuanya...

re-saintazkiya mengatakan...

Renungkan juga...
karena saya adalah calon perawat yang lebih sering dihina, dicaci, dan direndahkan daripada dokter.
sedangkan tugas perawat lebih banyak dalam membantu pasien. So it`s life
Tukeran link yuuuk?

tips computer mengatakan...

renungan yg indah :)

peluang usaha mengatakan...

makasih renungannya
semoga membuat kita lebih baik lagi

iklan baris mengatakan...

makasi atas renungan nya,dengan kita merenungi kesalahan2 di masa lalu agar bisa lbh di mana dpn

agnoe mengatakan...

nice post, salam kenal dari newbie

cara cari uang mengatakan...

wah menarik sekali,,,postingannya, memang kadang kalu kita melihat dari hati kadang masih banyak orang yang masih kesulitan dalam hidup, ya seperti pelayan masakan siap saji, yang cuma bisa memandang dan bekerja untuk restorannya, sungguh menarik direnungkan

salam

fikri

Belajar Affiliate mengatakan...

Sebuah contoh keteladanan yang sangat baik mas. Moga2 bisa dipertahankan.
Mari Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Gilang's Blog mengatakan...

Terima kasih atas infonya...
kunjung balik ya di :
http://gilangardya.blogspot.com
Gilang's Blog

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

tetap konsisten ya...

Locksmiths Atlanta Georgia mengatakan...

I like this blog.

Fikri mengatakan...

sesekali kita perlu merenungi semua itu.

b mengatakan...

Wah, bagus nih artikelnya sangat membantu sekali. Lain kali jangan lupa untuk mengunjungi www.direktori-iklan.com dan www.referensi-iklan.com ya!!! Di sana Anda dapat memasang iklan atau mempromosikan website Anda secara GRATIS dan dapat pula meningkatkan traffic website Anda secara singkat !!!Tersedia juga berbagai ebook dan software premium untuk didownload secara FREE juga.Nah, jangan lupa beri komentarnya ya ! dan tukar/pasang linknya juga. Salam Sukses Selalu !!!

kerja keras adalah energi kita mengatakan...

merenung mode :on

btw datang ke tempat ane y bos cz ane punya lomba seo kecil2an nih y sapa tau tertarik

Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

Artikel bagus. Betah saya baca-baca di blog ini. Posting lagi artikel yang menarik ya bos

Charlotte Garage Door mengatakan...

Who likes to party?

Habib Yunus mengatakan...

Baca dan renungkan kemudian praktekkan... Yuk Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang dan mari Mengembalikan Jati Diri Bangsa

mobil bekas jakarta mengatakan...

Wah, gak nyangka di kota jakarta masih ada orang berjwa sosial seperti anda, Salut!

robi mengatakan...

teruslah menulis seperti itu... untuk para teman blog..

free download lagu indonesia ter update dan terbaru mengatakan...

aku selalu merenung jika membaca itu

micro mengatakan...

Nice Posting!!!! Good

artikel,
Thank you Friend~~~~ ~Good Luck~

rizki-itmanager mengatakan...

artikel nya bagus..
semoga bisa menjadi renungan bagi kita semua..

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

ridwan mengatakan...

perlahan budaya timur kita sudah tergantikan dengan budaya barat. Waspadailah generasi muda kita.

agus mengatakan...

semua oarang dari kecil dan dari bawah..kalo kita sudah di atas..ada baiknya selalu tengok yang bawah....kita ga mungkin diatas kalo ga ada yg di bawah...artikel nya pak...perlu direnungkan...

RaRa Wulan mengatakan...

tanpa kita sadari banyak hal - hal kecil yang terlewatkan, setuju dengan pendapat hal hal kecil bisa berdampak besar bagi oranglain..
dengan adanya artikel ini saya bisa merenungkan banyak kejadian dan hal - hal kecil yang sudah terlewatkan...
thanks buat artikelnya, dari artikel ini saya bisa mengambil pelajaran kalo dengan hal kecil yang kita lakukan bisa saja berdampak yang besar buat orang lain :)

barajakom mengatakan...

walking-walking sob..

gambang semarang mengatakan...

Saya tertegun sejenak setelah membaca tulisan ini, saya jadi tersadar, betapa saya banyak melewatkan moment moment seperti diatas.

heroin treatment mengatakan...

Thanks for sharing your opinion. Of all the ways to make money online, I would like to choose Survey as my number one method of making money online. Because it improves our skills and knowledge.

bekasi bersih partisipasi blogger mengatakan...

setelah saya baca 2 kali tapi tetap aja ga bisa merenung :(

sms cinta mengatakan...

thanks bagus banget

RECOMMENDED FOR WEB INCOME mengatakan...

memang sesekali merenung itu pnting juga ya............

arya mengatakan...

restoran cepat saji di jepang juga kalau makan kita yg harus membereskan sendiri beda bgt ama diindonesia

blanjo.com mengatakan...

This is really Nice Blog, Best informations and best Articles and nice design !!!
Wait new posting from this blog

Find another Best links in our Websites :

YOU CAN FIND BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2010 HERE! AND YOU CAN DIRECTDOWNLOAD BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2010! OUR ANTIVIRUS UPDATED AND WE CAN ONLINE SCAN YOUR FILES, FIND NOW!!!

BEST SOFTWARE ANTIVIRUS 2010



Very cool Blog, take care !!!



Antivirus Center : you can free Download Software Antivirus for remove all virus , remove trojans, delete worm , clean trojan horse, delete worm W/32. We have virus remover, trojan cleaner, worm washer, eraser and much more.
Best Antivirus For Pc/ PDA/ Smartphone/ Laptop n

Notebook





By : Blanjo Company Best Antivirus Info 2010
Partnert This Blog

solusi berpromosi mengatakan...

Berbuat baik memang dianjurkan, tapi sering kita lupakan, apa pun sebabnya. Trims sudah diingatkan
Salam sukses dari Surabaya
A Fauzi

Anjar mengatakan...

bloger indonesia berkreasilah terus...hidup untuk kalian semua....

Download Gratis mengatakan...

bloger indonesia berkreasilah terus...hidup untuk kalian semua....

Riferson mengatakan...

Thanks Gan!

:)

http://rifersons06.student.ipb.ac.id

Riferson mengatakan...

Thanx gan !

http://rifersons06.student.ipb.ac.id

cosmeticdentistryguide.co.uk mengatakan...

Very excellent snap of the child you have taken.I hope it will help you a guide for other.The photo is really a mixture of some living and non living things which look so gorgeous.Thanks.I wait your feed back....

solusi berpromosi mengatakan...

wah sangat mengesankan. trims sharingnya ...
Salam dari Surabaya,
A Fauzi
solusi berpromosi

Place to modify blog mengatakan...

hy, salam kenal!! perkenalkan juga blogku

" Place to modify blog "

http://modifblogmu.blogspot.com ..

salam blogger !!

pempek mengatakan...

terenyuh juga nih perasaan, apa kita nggap sepele kok bisa menyusahkan orang lain ya

Kopi Tribulus mengatakan...

Renungan yang bagus... buat introspeksi diri

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja mengatakan...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja mengatakan...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja mengatakan...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja mengatakan...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Narutopedia Express - The Second Generation of Leaf Ninja mengatakan...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

boneka ajaib bonekahortadanpoti.blogspot.com mengatakan...

mencerahkan..thx..
salam kenal..

petang mengatakan...

nice post

inovasi media mengatakan...

renungan yang sangat baik dan bermutu
keep posting bro

inovasi media mengatakan...

mohon maaf
izin copas bro
agar dapat menjadi inspirasi bagi pembaca di blog saya
ty

vas uii mengatakan...

nice artikel, lanjutkan!!

Jabon mengatakan...

sangat bermutu .... ok lanjutkan yaaa....

naruto sage mode mengatakan...

download wallpaper naruto mode sannin..

naruto sage mode mengatakan...

download wallpaper naruto mode sannin..

naruto sage mode mengatakan...

download wallpaper naruto mode sannin..

mkiosonline mengatakan...

kadang kala kita tidak bisa mengerti tentang hidup,sedang untuk bisnis online saja kita butuh pengalaman dan pemikiran yang matang

Fotobiru mengatakan...

Foto Bugil Artis Sexy Indonesia

directory mkiosonline mengatakan...

Directory Mkiosonline,jadikan website anda no 1 di google.www.mkiosonline.info

siantarcity mengatakan...

Hidup...........,
Huh........, tidak bisa dipastikan.

Free download Mp3 Indonesesia Terbaru mengatakan...

gan...kalau masih bisa nie...
link ane ganti di www.pandumusica.info
yang dulunya pandumusica.blogspot.com
ma kasih..

Tempat download mp3 terbaru Indo & Manca
Gratissss...

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

baca dulu nih, menarik tulisannya menyentuh banget

Penerjemah Jepang mengatakan...

Bagus sekali om ceritanya...
Salam kenal ya om. Oya, aku ikut tukeran link dong om. Link blog om dah tak pasang di LINK ROLL website ku.

Title : Penerjemah Jepang
URL : http://www.alwintranslator.com/

Makasih ya om... :)

http://dmaz00.blogspot.com mengatakan...

makasih atas infonya :D



bila mau humor gratis barang kali silahkan kunjungi
http://dmaz05.blogspot.com

yuniico mengatakan...

Job Feed Aggregator : salam kenal sobat, ini Bike Attachments dari yogyakarta

salam sukses

Indonesia News Aggregator
Dog Crates Article

redhy mengatakan...

wew kisah yg menginspirasi gan...keep posting

Didiet mengatakan...

nice

Amir Al-maruzy mengatakan...

mantap gan artikelnya....

Visit Makassar mengatakan...

Nice Post gan...

Aidia MJ mengatakan...

makasih mas buat infonya,,postinya sangat bermamfaat,,,,salam kenal...
blognya bagus yach... oya saya newbie ni di dunia blogger dan berasal dari aceh ....
boleh gak mas kita tukaran link..kebetulan juga blogs saya do follow...http://kuliahitukeren.blogspot.com

informasi seminar mengatakan...

terima kasih atas artikelnya, artikelnya bagus :)
keep posting yaaa

Mike Niller mengatakan...

Hello,

i want to say thank you for a great job you've done on your blog.
I have a software download website and I also write articles for people to help them with their computers and software. Is it possible to place this article on your blog as a guest post?

Regards,
Andy G.

obat herbal jantung koroner mengatakan...

cerita yang keren dan menarik,,hal sekecil apapun apabila tidak dikerjakan dengan baik malah akan berdampak besar,,makasih moga suksess lalu,,

obat tradisional asma mengatakan...

keep blogging moga jadi info yang berguna,,,

Restoran Jepang mengatakan...

my first time visiting this blog, published a whole article is pretty good and add my information

car pictures mengatakan...

ceritanya sangat mengesankan. bagus mas. kadang mata hati baru dapat melihat saat kita sedang sendirian. makasih atas tulisannya.

UII Fans mengatakan...

Artikel yang menarik..
Salam dari sahabat di Jogja...^_^

Universitas Islam Indonesia
http://uii.ac.id/

Prese mengatakan...

oke, aku bakal coba buat ngelakuin yg seperti itu, gan
nice post

Hipnotis mengatakan...

Terima kasih atas informasinya,
Sukses selalu...

Anonim mengatakan...

nice post bro,,,bro ada yg tau situs ipad terbaru atau ipad accessories ngak bro?????

Anonim mengatakan...

ada bro ne ane kirimin link ny
New Best Computer Accessories

Anonim mengatakan...

kalo ngk coba disni aje bro


New Best ipad Accessories

jus manggis mengatakan...

kata-kata renungan nya bagus banget gan, jadi enak baca nya, hehe
makasih banyak renungan nya sob

xampthone plus mengatakan...

dibaca dan direnungkan..

agen xamthone plus bandung mengatakan...

cerita yang cukup mengharukan,, thanks atas ilustrasinya....

obat alami kanker payudara mengatakan...

postingan yang mnarik nih,,,
emz bagus juga ya ceritanya,,,

obat herbal keputihan mengatakan...

nice artikel
slam knal ya

obat herbal maag kronis mengatakan...

mnarik juga nih artikel'y bisa mnjadi inspirasi..

agen xamthone plus bandung mengatakan...

inspiratif sekali...

web design indonesia mengatakan...

mantab gan

agus supriyadi mengatakan...

pengen punya kerajinan tangan yang unik dan antik dengan harga terjangkau sertadibuat oleh pengrajin kota Jepara Jawa Tengah????? temukan kerajinan-kerajinan tersebut hanya di http://tokojati.com/

forward contracts mengatakan...

dapat pencerahan setelah baca ini, mksih :D

music improvisation mengatakan...

inspiratif banget :D

Anonim mengatakan...

Anda orang yang hebat bos,saya salut kepada anda.:)

desain rumah mengatakan...

emang terkadang kita lupa dengan hal2 yang sederhana seperti itu. Inspiratif...Salam kenal!!

Asuransi Prudential mengatakan...

Bacaan pagi yang sungguh-sungguh menyejukan hati. Sebuah perbuatan kecil dengan dampak besar. Meski saya membiasakan mengucapkan kata terima kasih pada ibu-ibu penjual warung, petugas spbu, tapi membuang sampah makanan sendiri ke tong sampah belum pernah saya lakukan. Sepertinya saya akan menjadikannya SOP setiap saya makan di resto. Nice share :)

Ajay Xamthone mengatakan...

Sangat Bermanfaat , Bagi saya Khususnya ,Terimskasih Dan salam kenal

Obat alami demam berdarah mengatakan...

sangat bermanfaat sekali informasinya,,

jelly gamat luxor mengatakan...

nice post gan,,

xamthone plus mengatakan...

mantap..

xamthone mengatakan...

nice blog.
keep upload,,

obat herbal xamthone plus mengatakan...

makasih gan infonya.

obat asam urat mengatakan...

renungan yang bikin hati tenang ..
maksih info nya ..

obat sakit asam urat mengatakan...

mengetuk pintu hati...

xamthone plus mengatakan...

artikel yang bagusm sempat menggetarkan hati, makasih ya,,
ijin nyimak yang lainnya juga ya.. salam

Paket Umroh 2012 mengatakan...

heem benar juga jika kita dapat melakukan sesuatu yg bermanfaat bagi orang lain meskipun itu hanya hal kecil.

Tips dan Trik Facebook Terbaru 2012 mengatakan...

Bermakana Gan.... Sepertinya kita harus belajar dari sesuatu yang selama ini kita sepelekan..

Rifand mengatakan...

Baru nyadar saya...saya suka kalimat terakhrnya..hehe

obat herbal darah tinggi mengatakan...

trims..infonya :D

jelly gamat luxor mengatakan...

mantep gan.....

Daun Sirsak Obat Kanker mengatakan...

Terimakasih artikelnya sangat membantu bagi semua pembaca

obat benjolan di leher mengatakan...

artikelnya mantap gan

obat tradisional kanker paru-paru mengatakan...

ok...ditunggu artikel selanjutnya

Agen XAMthone plus Banjarmasin mengatakan...

bgus...menarik jga artikelnya

Obat Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening mengatakan...

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas dalam membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.
Dengan mengkonsumsi Ace Maxs Anda akan terhindar dari berbagai penyakit lainnya karena Ace Maxs tidak hanya sebagai obat penyakit kanker kelenjar getah bening herbal namun juga mampu mencegah dan mengobati penyakit lainnya. Anda tidak percaya ? Silakan coba dan buktikan khasiat obat penyakit kanker kelenjar getah bening herbal Ace Maxs

Agen xamthone plus pontianak mengatakan...

ikut baclink ya gan !

agen xamthone plus samarinda mengatakan...

lam kenal gan.. :)

agen xamthon plus jakarta utara mengatakan...

lam kenal juga, asyik juga nih..

pengobatan tradisional mengatakan...

thnk artikelnya, sukses selalu

bram mengatakan...

super,,
Sesuatu yang besar memang selalu berawal dari hal yang kecil, tetapi terkadang kita lupa dengan hal kecil yang ada di depan mata kita, karena kita terlalu berfokus pada hal besar yg belum tentu kita dapatkan

jelly gamat luxor mengatakan...

cerita yang sedih dan mengagumkan

wati mengatakan...

hemmm... betullll..... saya setuju..

agen xamthone plus palangkaraya mengatakan...

i'm sure ,, thx :)

Daun sirsak untuk kanker mengatakan...

mau jadi orang pintar ...
baca dulu dan renungan...?

obat herbal ace maxs mengatakan...

mau jadi orang pintar.. :)

Mina Das mengatakan...

Great post. Good luck for you.
Computer for dummy

cara pemesanan jelly gamat luxor mengatakan...

makasi infony.. wlpun agak gak paham..

obat tradisional demam berdarah mengatakan...

benar-benar suatu renungan...

Uk Toner mengatakan...

Hi this is jemes,nice information and i am looking for some best Ink Cartridgespost where i can get the proper and latest information and its problem.
please suggest

jelly gamat luxor mengatakan...

bener banget pak..
kita bisa melakukan sesuatu dari hal yg terkecil utk memberi kebahagiaan pd org lain, dan saling menolong...
aku suka tindakan bapak.. ^^
jika utk kebaikan, tak perlu malu.. :)

obat herbal jelly gamat luxor mengatakan...

meskipun pekerjaan mereka bukan sesuatu yg membanggakan, tapi nyari kerja jadi yang seperti itu malah susah. saya juga pernah mengalaminya, lagipula selama mencari uangnya halal untuk apa malu menjalano profesi seperti itu?

blog pendidikan mengatakan...

semua itu berawal dari hal yang kecil, jika menginginkan sesuatu yang besar haruslah belajar dari titik nol kemudian naik dan terus naik...
dan memberikan kebahagiaan kepada seseorang dimulai dari hal terkecil...

Harga Naik Haji 2012 mengatakan...

selalu berusaha dan berdoa itu yg harus dilakukan :D

obat alami kanker darah mengatakan...

artikel ya sangat bagus gan

obat tradisional radang paru mengatakan...

cerita yang cukup menarik nih gan...

Harry Smith mengatakan...

Nice Blog!!
SEO India

paket tour wisata beijing china mengatakan...

hidup itu memang butuh perjuangan..

Trica Jus mengatakan...

berbagi kata kata motivasi mas broo
Jangan hiraukan mereka yg berusaha menjatuhkanmu, mereka melakukan itu karena mereka telah berada di bawahmu.
salam kenal dan sukses selalu mas bro, ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

mengobati diabetes secara alami mengatakan...

ikut menyimak gan

obat kanker ganas herbal mengatakan...

keren abis gan

obat alami stroke mengatakan...

ikut menyimak artikenya gan :)

obat penurun kolesterol mengatakan...

thanks infonya gan

cara mengobati kista mengatakan...

artikelnya bagus sekali

Obat Gondok Herbal mengatakan...

mantap

Strategi Usir Lemak Selamanya mengatakan...

thanks infonya

Obat Kanker Payudara Alami mengatakan...

mantap

obat herbal ginjal mengatakan...

ikut menyimak gan

Cara Mengobati TBC Secara Alami mengatakan...

mantap

Cara Pemesanan Ace Maxs mengatakan...

mantap

obat alami asam urat mengatakan...

salam kenal gan

cara mengobati hernia mengatakan...

ikutnyimak artikl nya,.,.,

jus xamthone plus mengatakan...

makasih gan infonya
keren abis

obat herbal tipes mengatakan...

nice post.,.,.,.,.

jeli gamat luxor mengatakan...

coretan yang terinspirasi sekali nih gan...

obat ace maxs mengatakan...

makasih infonya

pengobatan alternatif alami tumor lambung mengatakan...

ok juga infonya gan

Ekstrak Kulit Manggis mengatakan...

hihihii ,, motifasinya bsarr gan .. makasih yah :)

jelly gamat luxor mengatakan...

artikel yang sangat memotivasi kawan

pengobatan alami asam urat mengatakan...

wah mntap ni beritanya

cara mengobati penykit darah tinggi mengatakan...

di tunggu info lainnya

cara mengobati penyakit darah tinggi mengatakan...

ikut menyimak artikelnya gan

cara pemesanan tricajus mengatakan...

cius miappah ?

obat alami jantung koroner mengatakan...

mantep deh gan infonya

obat herbal diabetes mengatakan...

makasih gan

mebel minimalis mengatakan...

mkasih infonya,,,,
http://www.minimalisjati.com/

Kontes SEO 2013 mengatakan...

Mantap nih artikel nya ..
blogwalking yuk ..

#jangan lupa visit & comment back nya ya :)

By : Education's Now

penghancur batu ginjal mengatakan...

makasih gan

yozidahfilputra mengatakan...

salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
maaf,saya masih Newbie
yozidahfilputra.blogspot.com

cara mengobati darah tinggi mengatakan...

bermanfaat sekali infonya

Online herbal store mengatakan...

Sukses untuk blog nya..

Obat penyakit darah tinggi mengatakan...

Trimakasih infonya bermanfaat

Obat batu empedu mengatakan...

Artikelnya sangat bermakna.. thank's

Obat penurun gula darah mengatakan...

Memulai dari hal hal kecil memang langkah yang bijak.. terimakasih mas saya jadi sadar.. heee sukses !

cara mengobati infeksi saluran kemih mengatakan...

sungguh infonya sangat bermanfaat sekali

Pengobatan Kanker Payudara mengatakan...

sebuah inspirasi untuk kita bisa sadar diri..

cara mengobati kanker serviks mengatakan...

sungguh infonya sangat bermanfaat sekali mkasih

Ekiosku.com jual beli online aman, menyenangkan mengatakan...

Artikel yang bermanfaat dan menarik ..

Untuk admin dan teman-teman pengunjung mohon dapat kritik dan saran untuk perkembangan bl0g saya yakni:

Ekiosku.com jual beli online aman, menyenangkan

Dan

Bank Mandiri Bank terbaik di Indonesia

Semoga admin dan pengunjung diberi kesuksesan dan rejeki yang lancar.. AMIIIN

Keep Blogging,, ^__^

silvi ani mengatakan...

makasih banyak gan

obat stroke mengatakan...

terimakasih banyak informasinya, ini bermanfaat banget bagi saya

jus sehat mengatakan...

salam kenal semuanya, kunjungan pertama saya disini

Iklan - Iklan Baris Gratis Indonesia mengatakan...

perbuatan sepele yang faedahnya sangat besar

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 274   Lebih baru› Terbaru»

Poskan Komentar